5 Alasan Orang Tua Memasukkan Anak di Pre-School Jakarta

5 Alasan Orang Tua Memasukkan Anak di Pre-School Jakarta. Seiring perkembangan zaman, tuntutan hidup menjadi semakin tinggi. Salah satunya bisa dilihat dari jumlah preschool di Jakarta maupun kota besar lainnya, yang meningkat signifikan dibanding puluhan tahun sebelumnya.

Beberapa tahun belakangan ini, hanya sedikit orang tua yang memasukkan anak-anaknya untuk mengikuti proses belajar di preschool. Namun saat ini, jika dibandingkan, orang tua yang menginginkan anaknya masuk preschool lebih banyak daripada yang tidak mau mendaftarkan anaknya ke sana.

Kenapa begitu?

Anak SD dan Calistung

Mayoritas sekolah di Indonesia, terutama sekolah dasar negeri pada umumnya menginginkan anak-anak yang ingin bersekolah sudah bisa calistung; membaca, menulis, dan berhitung. Oleh karena alasan tersebut, para orang tua seolah berlomba-lomba memasukkan anak-anaknya ke pre-school Jakarta.

Orang Tua dan Rasa Bangga

Para orang tua merasa bangga saatelihat anak-anak ketika bersekolah preschool mengalami perkembangan yang lebih baik, terutama dari segi calistung. Ada kebanggaan tersendiri di hati jika saat anak masuk SD nanti, sudah bisa calistung. Banyak orang tua juga merasa bangga jika pada rentan usia dini, sekitar 3-5 tahun, anak-anak mereka sudah bisa calistung.

Anak dan Kemampuan Bersosialisasi

Anak-anak menjelang usia sekolah biasanya sudah mulai bisa bersosialisasi. Akan tetapi ada beberapa anak, terutama yang terbiasa di rumah saja, atau memang keadaan lingkungan tempat tinggal mereka tidak memungkinkan untuk mendapatkan hak anak untuk belajar bersosialisasi, maka orang tua merasa jika memasukkan anak ke preschool adalah pilihan terbaik. Di sekolah, dengan berkumpulnya anak-anak, mereka bisa saling mengenal, berteman, bercengkerama, dan hal-hal lain yang baik untuk perkembangan sosial mereka.

Anak dan Keinginan Belajar

Orang tua yang memiliki anak dengan minat tinggi dalam mempelajari sesuatu biasanya memasukkan anak-anak mereka ke pre-school Jakarta. Mereka beranggapan bahwa dengan begitu anak-anak mereka bisa lebih terarah dalam menerima pembelajaran. Di samping mungkin banyak orang tua tidak memiliki waktu untuk mengajari anak, atau memang orang tua tidak tahu cara efektif mengajari mereka. Bisa jadi salah satu alasan lain karena anak tidak mau bahkan cenderung tidak patuh jika orang tua sendiri yang mengajari mereka. Jika guru di preschool yang mendidik, mereka malah bersemangat dalam belajar.

Anak dan Fasilitas Bermain

Adanya area permainan menjadi daya tarik tersendiri bagi orang tua. Fasilitas permainan outdoor seperti ayunan, perosotan, jungkat-jungkit, besi panjat dan lain-lain yang tersedia di halaman sekolah menjadi alasan yang digunakan untuk membujuk anaknya agar mau bersekolah. Orang tua yang memiliki anak super aktif akan merasa sangat terbantu dengan fasilitas tersebut.

Nah, apa pun tujuan para orang tua memasukkan anak-anak di Pre-School Jakarta semoga tujuan utamanya adalah mengajarkan kebaikan, seperti adab/akhlak. Oleh karena itu, setelah lulus preschool anak tidak hanya pintar calistung, tetapi juga baik akhlaknya.

Uncategorized

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>